Welcome

IT'S MY BLOG IT'S MY BLOG IT'S MY BLOG


Living for Story, Story for Living. Enjoy your living, live while we're young.


THANK YOU FOR VISITING :D

Cari Blog Ini

Kamis, 13 Februari 2014

Struktur Tubuh Hewan: Reptil (Mabouya multifasciata)

Kali ini gue mau nerusin postingan gue tentang struktur tubuh hewan, kali ini tentang reptil dan hewan yang jadi pusat pengamatan gue selama praktikum adalah kadal alias Mabouya multifasciata. 
Kita mulai dari inspectio dulu, cekidot... :)
  • Inspectio Mabouya multifasciata --> Mabouya bersisik dari bahan tanduk (process cornificatio) yang terbentuk dari proses cornifikasi. Terbentuk karena adanya lipatan lipatan corium yang kemudian masing masing lipatan tertutup epidermis yang menanduk tebal akibat kekurangan makanan. Mata berpalpebra superior dan inferior yang dapat bergerak. Mempunyai lensa crystalina. Bernafas dengan pulmo. Cor terdiri 2 atrium dan 2 ventrikel tidak ada bulbus arteriosus, septum ventriculorum kurang sempurna. Mempunyai cloaca dan tidak berpinnae. Ekstrimitas mempunyai 5 digiti yang berfacula, ekstrimitas caudalisnya tidak berselaput renang. Membrane tympani agak masuk ke dalam. Fertilisasi interna karena mempunyai sepasang hemipenis. Cavum oris terdiri atas maxilla (choana, dentes, palatum, choana sekunder, ostium tubae auditive) dan mandibulae (pharynx, rima glottis, lingua bifida)
Hemipenis pada Mabouya multifasciata berjumlah sepasang dan merupakan alat copulasi
Pada cavum oris Mabouya terdapat lingua bifida, yaitu lidah yang bercabang dua.
Tampak bagian ventral
Tampak bagian dorsal
 Sectio --> Terdapat trachea, cor, pulmo, hepar, vesica fellea, ventriculus, duodenum, pancreas, testis, intestinum tenue, ductus deferens, rectum, vesica urinaria, ren. Endoskeleton Mabouya sp. :
  1. Mesosentrum, bentuk  rhomboid, terdiri dari tulang rawan
  2. Cingulum pectoral, bersendi dengan bagian anterolaterral sternum pada bagian coracoid
  3. Os hyoideum, terletak di ventral antara caput dan collum, bersifat cartilaginous yang telah mengalami osifikasi
  4. Respirasi selalu dengan pulmo, mempunyai 12 pasang nervi cranialis, temperature badan poikiloterm
  5. Corpus adiposum : sepasang sebagai jaringan lemak yang menguning berbentuk seperti bulan setengah antara peritoneum dan otot dinding perut.
Sectio Mabouya multifasciata
  • System urogenital --> Testis oval kecil agak keputihan berjumlah sepasang. Hemipenis sebagai alat copulasi sepasang kanan kiri, sebagai tonjolan dinding cloaca, jika istirahat melipat masuk ke dalam pangkal caudal dengan dinding otot luar. Organo genital betina : mesovarium --> pengggantung ovarium dan ligamentum latum--> pengantung oviduct. Organo genital jantan : Epididymis -> saluran berkelok kelok dekat sebelah lateral dari testis. Vas deferens -> lanjutan epididymis, ke caudal bersatu dengan ureter dan bermuara di cloaca. Mesorchium -> alat penggantung testis. Organo uroputica : Ren->jumlah sepasang, warna merah kecoklatan, masing masing 2 lobi, tipe ren metanephros. Ureter -> sepasang, keluar dari sisi ventral agak medial dari ren. Vesica urinaria -> kantong tipis merupakan tonjolan dinding ventra cloaca. 
 Pembuahan terjadi secara interna, hal ini terjadi karena jantan sudah mempunyai sepasang alat copulasi yang disebut hemipenis. Perkembangan embrio terjadi di uterus, disebut ovovivipar. Alat ekskresi bersifat metanephros, sistem porta renalis tidak ada.
Embrio
System Urogenital jantan
  • System respiratory --> Di daerah thorax, trachea bercabang menjadi dua bronchus pendek yang disebut Bifurcatio trachealis. Bronchus masuk dan bercabang-cabang dalam pulmo. Pulmo, sepasang fusiform dengan struktur dalam seperti rumah tawon. Glandula tyroidea sepasang terletak di ventral bagian kanan dan kiri trachea. Glandula thymus terletak di kanan dan kiri trachea. Bagian-bagian dari tractus respiratorium :
  1. Rima glottis, sebagai celah di belakang lingua menuju ke ruang larynx.
  2. Larynx, dindingnya dibentuk oleh beberapa tulang rawan.
  3. Trachea, sebagai lanjutan larynx, terdapat di ventral dari collum panjang dan dindingnya tersusun atas lingkaran tulang rawan (annuslus trachealis).
System respiratory : Pulmo (merah tua, sudah mengempis)
System Digestoria --> Tractus digestorium terdiri atas : Esophagus, Ventriculus, Duodenum, Intestinum tenue, Coecum, Rectum, Cloaca. Glandula digestoria terdiri atas hepar, vesica vellea, ductus choledochus, dan pancreas. Cavum oris mempunyai deretan dentes berbentuk kerucut, gigi bertipe pleurodont artinya menempel di samping gusi, sedikit melengkung ke arah medial cavum oris. Lingua pada dasar mulut, melekat pada tulang lidah, pangkal terdapat di sebelah caudal cavum oris, ujungnya bersifat bifida. Ventriculus sebagai pelebaran esophagus yang silindris dan berdinding musculus tebal. Intestinum crassum (usus besar) berfungsi sebagai rectum. Cecum amat pendek pada batas intestinum tenue dan intestinum crassum.
System digestoria
  • System Cardiovascular --> Cor terletak di medial bagian cranioventral rongga pharynx. Atrium dexter dan sinister dipisahkan oleh septum atriorum berwarna merah tua. Sinus venosus menerima dara daripecavae anterior dan posterior, berhubungan dengan atrium dexter dengan perantara aperture sino-atrialis. Arcus aorta dexter dan sinister bersilangan dan bersinggungan dimana tempat persinggungan ini akan berdifusi sedemikian rupa sehingga timbul suatu lubang yang disebut foramen panizzae yang berfungsi memungkinkan pemberian oksigen ke alat pencernaan dan untuk keseimbangan tekanan dalam cor saat menyelam.
Cor pada mabouya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar